Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajjud Terlengkap dan Banyak Dicari

Berikut adalah bacaan doa setelah sholat tahajjud terlengkap dan paling sering dic
Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajjud

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajjud Terlengkap dan Banyak Dicari
Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajjud Terlengkap dan Banyak Dicari.

Albyzafr.com - Sholat tahajjud merupakan salah satu sholat sunah yang dikerjakan di malam hari setelah terlelap tidur. Sholat tahajjud dilakukan pada malam hari sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT yang dapat mendatangkan berbagai keutamaan bagi yang melakukannya. Selain itu, sholat tahajjud juga dapat membantu kita memperkuat koneksi spiritual kita dengan Allah SWT. Setelah selesai melaksanakan sholat tahajjud, sebaiknya kita membaca doa setelah sholat tahajjud sebagai ungkapan rasa syukur dan permohonan kepada Allah SWT.

Berikut ini adalah beberapa Doa setelah sholat tahajjud yang bisa dibaca:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

"Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa‘dukal haqq. Wa liqa’uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naru haqq. Wan nabiyyuna haqq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haqq. Was sa‘atu haqq.

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa ‘alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirlii ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a‘lantu, wa ma anta a‘lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah."

Artinya:
"Ya Allah, Ya Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar.

"Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

Doa setelah sholat tahajjud yang kedua adalah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ رِضَاكَ وَالْجَنَّةَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ

Allahumma inni as'aluka ridhoka waljannat wa'aaudhubika min sakhotika wannar.

Artinya:
“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ridha-Mu dan surga-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari kemurkaan-Mu dan neraka-Mu.”

Keutamaan Sholat Tahajjud

Melakukan sholat tahajjud memiliki banyak keutamaan yang bisa kita dapatkan sebagai seorang muslim. Berikut ini adalah beberapa keutamaan sholat tahajjud:

Mendapat Karunia dan Rahmat dari Allah SWT

Allah SWT memberikan karunia dan rahmat-Nya kepada orang yang melaksanakan sholat tahajjud. Hal ini terbukti dari hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Allah SWT turun ke langit dunia ketika sepertiga malam terakhir dan berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, pasti akan Kukabulkan. Siapa yang meminta-Ku, pasti akan Kuberi. Siapa yang memohon ampunan-Ku, pasti akan Kuberi ampunan kepadanya.’” (HR. Bukhari)

Meningkatkan Kualitas Iman dan Ketaqwaan

Melakukan sholat tahajjud secara teratur dapat meningkatkan kualitas iman dan ketaqwaan seseorang. Hal ini karena sholat tahajjud dilakukan di waktu yang sangat sulit untuk bangun, yaitu di malam hari. Ketika seseorang dapat mengalahkan rasa malas dan bangun untuk melaksanakan sholat tahajjud, maka hal tersebut dapat memperkuat koneksi spiritualnya dengan Allah SWT.

Menghindarkan Diri dari Perbuatan Dosa

Melakukan sholat tahajjud juga dapat membantu kita untuk menghindarkan diri dari perbuatan dosa. Hal ini karena ketika seseorang melaksanakan sholat tahajjud, ia memperkuat iman dan ketaqwaannya kepada Allah SWT. Dengan demikian, ia akan lebih mudah untuk menolak godaan untuk melakukan perbuatandosa, karena ia telah memperkuat hubungannya dengan Allah SWT.

Menambah Pahala dan Keberkahan

Setiap amal baik yang dilakukan dengan ikhlas dan tulus hati pasti akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Begitu juga dengan sholat tahajjud, yang dilakukan dengan ikhlas dan tulus hati, pasti akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Selain itu, sholat tahajjud juga dapat menambah keberkahan dalam hidup seseorang.

Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Melakukan sholat tahajjud juga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan fisik dan mental seseorang. Hal ini karena sholat tahajjud dapat membantu seseorang untuk melepaskan stres dan ketegangan yang dialami selama aktivitas sehari-hari. Selain itu, sholat tahajjud juga dapat memberikan energi positif dan memperbaiki mood seseorang.

Tips agar Istiqomah Melaksanakan Sholat Tahajjud

Melakukan sholat tahajjud memang tidak mudah, terutama bagi orang yang tidak terbiasa bangun di malam hari. Namun, dengan tekad yang kuat dan niat yang tulus, kita dapat melaksanakan sholat tahajjud secara istiqomah. Berikut ini adalah beberapa tips agar istiqomah melaksanakan sholat tahajjud:

Tentukan Target Waktu dan Jumlah Rakaat

Tentukan target waktu dan jumlah rakaat sholat tahajjud yang ingin dilakukan setiap harinya. Mulailah dengan target yang realistis, misalnya satu rakaat pada awalnya, dan secara bertahap tingkatkan hingga mencapai target yang diinginkan.

Persiapkan Segala Sesuatunya


Persiapkan segala sesuatunya sebelum tidur, seperti menyiapkan perlengkapan sholat dan mengatur alarm untuk membangunkan diri pada waktu yang telah ditentukan.

Tidur Cukup

Pastikan untuk tidur cukup pada malam sebelumnya, agar tubuh dan pikiran kita segar saat bangun untuk melaksanakan sholat tahajjud.

Jangan Makan Terlalu Banyak

Usahakan untuk tidak makan terlalu banyak pada malam sebelumnya, karena hal tersebut dapat membuat kita sulit untuk bangun dan melaksanakan sholat tahajjud.

Berdoa dan Meminta Bantuan Allah SWT

Berdoa dan meminta bantuan Allah SWT adalah kunci utama agar kita dapat istiqomah dalam melaksanakan sholat tahajjud. Kita harus memohon kepada Allah SWT agar diberikan kemampuan dan kekuatan untuk bangun dan melaksanakan sholat tahajjud dengan istiqomah.

Apa itu Sholat Tahajjud?

Sholat tahajjud adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Melaksanakan sholat tahajjud memiliki banyak keutamaan dan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental seseorang. Meskipun sulit untuk dilakukan, namun dengan tekad yang kuat dan niat yang tulus, kita dapat melaksanakan sholat tahajjud secara istiqomah. Dengan demikian, kita akan mendapatkan manfaat dan keberkahan dalam hidup kita. Selain itu, dengan melaksanakan sholat tahajjud, kita juga dapat meningkatkan hubungan kita dengan Allah SWT, dan mendapatkan pahala yang besar dari-Nya.

Dalam melaksanakan sholat tahajjud, kita juga harus memperhatikan niat dan konsentrasi dalam melaksanakan ibadah tersebut. Kita harus benar-benar fokus dan tulus dalam beribadah kepada Allah SWT. Selain itu, kita juga harus memperhatikan teknik dan tata cara melaksanakan sholat tahajjud dengan benar.

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim, kita harus senantiasa berusaha untuk melaksanakan sholat tahajjud secara istiqomah. Kita harus memperkuat tekad dan niat kita untuk beribadah kepada Allah SWT, serta memohon bantuan dan kekuatan dari-Nya agar dapat melaksanakan sholat tahajjud dengan baik dan tulus hati.

Dalam hal ini, mengikuti tips dan saran di atas dapat menjadi panduan bagi kita dalam melaksanakan sholat tahajjud dengan istiqomah. Tentukan target waktu dan jumlah rakaat sholat tahajjud yang ingin dilakukan setiap harinya, persiapkan segala sesuatunya sebelum tidur, tidur cukup, jangan makan terlalu banyak, dan berdoa serta meminta bantuan Allah SWT.

Dengan tekad yang kuat dan niat yang tulus, serta memperhatikan teknik dan tata cara melaksanakan sholat tahajjud dengan benar, kita dapat melaksanakan ibadah ini secara istiqomah dan mendapatkan manfaat dan keberkahan dalam hidup kita. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan inspirasi bagi pembaca yang ingin melaksanakan sholat tahajjud dengan tulus hati dan istiqomah.

Editor: Alby Zafr
Sumber: dari berbagai sumber
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.