Asal Usul Inna Syaani Aka Huwal Abtar Artinya

Alby Zafr

Asal Usul Inna Syaani Aka Huwal Abtar Artinya
Asal Usul Inna Syaani Aka Huwal Abtar Artinya.

Inna Syaani Aka Huwal Abtar Artinya – Inna Syaani Aka Huwal Abtar adalah frasa dalam bahasa Arab yang secara harfiah dapat diterjemahkan menjadi “Sesungguhnya musuhmu akan menjadi orang yang tidak memiliki keturunan.” Asal usul frasa ini berasal dari sebuah peristiwa sejarah yang terjadi pada masa Nabi Muhammad SAW.

Al-Qur’an, sebagai kitab suci umat Islam, terdiri dari 30 juz, 114 surat, dan 6666 ayat. Salah satu surat yang umumnya dibaca dalam salat adalah Al-Kautsar.

Surat Al-Kautsar termasuk dalam kategori surat pendek dalam mushaf Al-Qur’an, sering dipilih saat pelaksanaan salat. Dengan hanya tiga ayat, surat ini diklasifikasikan sebagai surat Makkiyyah yang turun di Kota Makkah.

Posisi surat Al-Kautsar adalah ke-108 dalam urutan Al-Qur’an, terletak di antara surat Al-Ma’un dan surat Al-Kafirun.

Rasulullah saw. menerima turunnya Surat Al-Kautsar ketika beliau merasakan kesedihan karena ditinggalkan oleh dua orang yang sangat disayanginya. Oleh karena itu, surat ini memiliki fungsi untuk menghibur Rasulullah saw.

Surat Al-Kautsar memiliki makna sebagai limpahan nikmat dan juga merujuk kepada nama sebuah sungai.

Inna Syaani Aka Huwal Abtar Artinya

 

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ

 

“Innaa a’taina kal kauthar.”

 

Artinya: “Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).”

 

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

 

“Fa salli li rabbika wanhar.”

 

Artinya: Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

 

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

 

“Inna shani-aka huwal abtar.”

 

Artinya: Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

1. Berlimpah Nikmat dari Allah Swt

Membaca Surat Al-Kautsar akan menambahkan berkah dan kenikmatan dalam kehidupan serta di akhirat. Surat ini menggambarkan pemuridan Allah Swt. kepada Rasulullah saw., termasuk keturunan yang melimpah dan keberadaan telaga Al-Kautsar di surga.

Surat Al-Kautsar memberikan petunjuk kepada Rasulullah untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan melalui salat dan kurban yang tulus untuk Allah Swt.

Mengamalkan bacaan Surat Al-Kautsar setiap hari diharapkan dapat menjadi sarana pembuka rezeki, sehingga rizki dari Allah Swt. mengalir dengan lancar.

2. Harmoni dalam Keluarga

Membaca dan mengamalkan Surat Al-Kautsar, terutama setelah salat tahajud bersama pasangan, diyakini dapat membantu mempererat hubungan suami-istri dan membawa harmoni serta keberkahan dalam keluarga.

3. Ikhtiar untuk Kesembuhan

Surat Al-Kautsar dianggap sebagai sarana ikhtiar untuk memohon kesembuhan dari Allah terhadap berbagai penyakit. Membacanya sebelum minum diharapkan memberikan hasil positif sebagai bentuk usaha untuk mencapai kesembuhan.

6. Melunakkan Hati dan Ketenangan Batin

Membaca Surat Al-Kautsar sebanyak tiga kali diyakini dapat melunakkan hati seseorang. Orang yang secara rutin membaca surat ini juga diharapkan merasakan ketenangan dalam batinnya.

7. Membuka Pintu Penerimaan Doa

Surat Al-Kautsar dianggap sebagai sarana untuk memperlancar jalannya doa-doa. Sebagai seorang muslim yang beriman, upaya untuk mencapai keinginan tidak hanya melalui usaha, tetapi juga dengan doa yang tulus dan ikhlas.

Dengan berdoa dan mengamalkan Surat Al-Kautsar, terutama saat hujan dengan hati yang ikhlas, diharapkan bahwa doa tersebut akan diterima oleh Allah dan dikabulkan sesuai dengan kehendak-Nya.

Sumber: Beragam sumber

Baca Juga

Bagikan:

Tags