Yuk Kita Kenali Allahumma Ajirni Minannar Arab Latin dan Maknanya

Alby Zafr

Allahumma Ajirni Minannar - اَللّهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النَّارِ

Allahumma Ajirni Minannar – Doa merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. Doa bukan hanya sebagai sarana untuk meminta kebutuhan sehari-hari kita kepada Allah SWT, tetapi juga sebagai bentuk ekspresi rasa syukur kita, pengakuan dosa-dosa kita, dan memohon perlindungan hanya kepada Allah semata.

Salah satu doa yang sering dibacakan oleh umat Islam adalah “Allahumma Ajirni Minannar.” Dalam artikel ini, saya akan menggali makna, keutamaan, serta tata cara berdoa dengan doa tersebut.

Makna Doa “Allahumma Ajirni Minannar”

“Doa Allahumma Ajirni Minannar” merupakan doa perlindungan dari siksa neraka. Dalam bahasa Arab, “Allahumma” bermakna “Ya Allah,” sedangkan “Ajirni” berarti “selamatkanlah aku” dan “Minannar” berarti “dari api neraka.” Jadi, secara harfiah, doa ini berarti “Ya Allah, selamatkanlah aku dari api neraka.”

Baca Juga: Doa Allohummaghfirlahaa Warhamhaa Wa’aafihaa Wa’fu ‘Anhaa Lengkap Arab dengan Artinya Laki-Laki dan Perempuan

Doa ini menunjukkan kesadaran seorang hamba akan dosa-dosanya dan keinginannya untuk mendapatkan perlindungan dari siksa neraka kelak di akhirat. Doa ini juga menunjukkan kepatuhan dan ketergantungan seseorang hamba kepada Allah SWT sebagai satu-satunya yang memiliki kekuasaan untuk memberikan perlindungan terhadap.

Bacaan doa Arab, Latin dan Makna

Doa Arab

اَللّهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النَّارِ

Latin

“Allahumma Ajirni Minannar”

Artinya: “Ya Allah, selamatkanlah kami dari api neraka.”

Bacalah sebanyak 7x seusai shalat subuh.

Keutamaan Doa “Allahumma Ajirni Minannar”

Doa tersebut mempunyai keutamaan yang besar dalam agama Islam. Rasulullah SAW sering mengajarkan umatnya untuk berdoa memohon perlindungan kepada Allah dari siksa neraka. Berikut beberapa keutamaan dari doa ini:

  • Menunjukkan Ketakwaan: Berdoa dengan memohon perlindungan dari siksa neraka menunjukkan kesadaran kita akan dosa-dosa yang dilakukan dan memiliki keinginan untuk bertaubat kepada Allah SWT.
  • Mengingat Akhirat: Doa ini mengingatkan umat Islam akan pentingnya mempersiapkan diri untuk kehidupan di akhirat serta memperoleh perlindungan dari siksa neraka.
  • Menjauhi Dosa: Dengan berdoa memohon perlindungan dari siksa neraka, seseorang diharapkan dapat menjauhi perbuatan dosa dan lebih taat kepada perintah Allah SWT.
  • Meraih Rahmat Allah: Allah SWT senantiasa menerima doa hamba-Nya yang tulus dan ikhlas. Dengan berdoa memohon perlindungan, seseorang berharap untuk mendapatkan rahmat dan kasih sayang Allah SWT.

Tata Cara Berdoa dengan Doa “Allahumma Ajirni Minannar”

Berdoa merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan didalam agama Islam. Untuk berdoa dengan doa “Allahumma Ajirni Minannar,” berikut beberapa tata cara yang dapat diikuti:

  • Niatkan Doa: Sebelum berdoa, niatkan dalam hati untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari siksa neraka.
  • Berdoa dengan Khusyuk: Memerhatikan kesadaran dan kekhusyukan saat berdoa. Berdoa dengan hati yang tulus dan khusyuk akan membuat doa lebih didengar oleh Allah SWT.
  • Mengulang-ulang Doa: Berdo’a di ulang-ulang, menujukkan bahwa kita meminta kepada Allah SWt dengan sungguh-sunguh dan supaya Allah berkehendak untuk mengabulkan do’a-do’a kita.
  • Berdoa dengan Ikhlas: Berdoa dengan ikhlas tanpa mengharapkan pujian atau penghargaan dari manusia. Doa haruslah semata-mata untuk mengharap Ridhonya Allah SWT.
  • Berdoa dengan Kepercayaan Penuh: Percayalah bahwa Allah SWT menerima doa hamba-Nya yang tulus. Berdoa dengan keyakinan penuh bahwa Allah SWT akan memberikan perlindungan kepada hamba-Nya yang memohon dengan sungguh-sungguh.

Dengan mengikuti tata cara berdoa yang benar dan tulus, diharapkan setiap umat Islam dapat mendapatkan keberkahan dan perlindungan dari Allah SWT. Wallahualam Bishowab

Doa “Allahumma Ajirni Minannar” merupakan salah satu doa perlindungan dari siksa neraka yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dengan memahami makna, keutamaan, serta tata cara berdoa dengan doa ini, umat Islam diharapkan dapat memperoleh perlindungan dari Allah SWT di dunia maupun di akhirat. Semoga artikel ini bermanfaat dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Amin. (AZ)

Artikel lainnya, bisa kunjungi “Google News” dan jangan lupa follow.

Baca Juga

Bagikan: