Bacaan Doa Makan dalam Bahasa Arab Lengkap dengan Artinya

Alby Zafr

Doa Makan
Bacaan Doa Makan dalam Bahasa Arab Lengkap dengan Artinya.

Bacaan Doa Makan – Sebagai umat Islam, kita diwajibkan untuk mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan. Doa makan adalah salah satu dari sekian banyak doa yang harus kita panjatkan kepada Allah SWT. Dengan mengucapkan doa makan, kita berharap agar Allah SWT memberkati makanan yang kita makan dan memberi keselamatan kepada kita.

Dalam Islam, ada beberapa doa yang sering digunakan sebelum dan sesudah makan. Doa-doa tersebut biasanya dalam bahasa Arab, sehingga membutuhkan pengetahuan tentang bahasa Arab agar dapat memahaminya. Oleh karena itu, berikut ini adalah bacaan doa makan lengkap dalam bahasa Arab dan artinya.

Mengenali Doa Makan Sebelum dan Sesudah Makan

Doa makan sebelum dan sesudah makan adalah sebuah doa yang sangat penting bagi kita sebagai umat Islam. Doa makan sebelum dan sesudah makan adalah sebuah doa yang mengingatkan kita kepada Allah SWT dan mengingatkan kita akan tujuan kita makan, yaitu untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajjud Terlengkap dan Banyak Dicari

Mari kita lihat panduan doa makan sebelum dan sesudah makan dalam Islam:

Doa sebelum makan

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Álláhummá báárík lánáá fíímáá rozáqtánáá wa qínáá ‘ádzáá bánnáár.”

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

Doa sesudah makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

“Álhámdulílláhílládzi áth-ámánáá wá sáqoonáá wá já’álánáá minál muslímíín.”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dari kaum muslimin.”

Semoga dengan mengenali doa makan sebelum dan sesudah makan ini, kita semakin meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.

Kebaikan Doa Makan Sesuai Sunnah Rasulullah Saw

Doa makan sunnah Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah sebuah amalan yang dapat dikerjakan oleh seseorang ketika akan makan. Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam mengajarkan kita untuk berdoa ketika akan makan agar kita diberikan kesehatan dan rizki oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dengan berdoa makan, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan meningkatkan iman dan taqwa kita.

Doa makan sunnah Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam memang tidaklah wajib, tetapi amalan ini sangatlah dianjurkan untuk dilakukan. Kebaikan doa makan sunnah Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam sangatlah banyak, sehingga kita sebagai umat Islam sewajibnya untuk mengamalkannya. Jadikanlah doa makan sunnah Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wasallam sebagai amalan rutin setiap hari agar kita semakin dekat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan semakin bersyukur atas nikmat-Nya.

Editor: Alby Zafr
Sumber: dari berbagai sumber

Also Read

Bagikan: