Cukup Baca Doa Ini Menjelang Awal Puasa di Bulan Ramadhan, Arab, Latin serta Lengkap dengan Artinya

Alby Zafr

Doa awal puasa Ramadhan

Doa awal puasa Ramadhan, Tak terasa dua hari lagi kita semua umat Islam akan menyambut kedatangan bulan suci Ramdhan 1445 Hijriah 2024. Dimana bulan tersebut adalah bulan yang penuh dengan Rahmat, berkah, serta bulan yang penuh dengan pengampunan dari Allah swt.

Sebagai umat muslim sudah sepentasnya kita semua mempersiapkan diri menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang penuh suka cita, disertakan dengan membaca Doa disetiap awal bulan Ramadhan.

Dengan membaca doa pada setiap tahun di awal bulan Ramadhan. Nabi Muhammad saw sangat menganjurkan kita, atas permohonan kita, supaya kita dapat menjalani Ibadah di bulan Ramadhan, bisa menjalani Ibadah dengan baik.

Berikut ini adalah doa awal puasa puasa Ramadhan dari Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Imam Ad-Dailami serta Imam At-Thabarani:

Arab:

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

Latin

Alląhumma sąllìmnìi lì Ramądhąną, wą sallìm Ramądhana lì, wa sąllimhu mìnnìi.

Artinya:

“Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

Selanjutnya doa dari Rasulullah saw dari riwayat Imam Abu Dawud.

Arab:

هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ مرتين، آمَنْتُ بِالَّذِي خَلَقَكَ ثَلاث مرات، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي ذَهَبَ بِشَهْرِ كَذَا ، وَجَاءَ بِشَهْرِ كَذَا

Latin

Hiląalu rusydìn wą khąirìn (2 kali), amąntu bil lądzìi khaląqąka, (3 kali), alhąmdulillaahil lądzīi dzahąba bi syąhrì kądza, wa jąa’ą bi syąhrì kądza.

Artinya:

Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini (HR Abu Dawud).

Doa tersebut di atas adalah doa biasa dibacakan hendak memasuki bulan Ramadhan arab latin serta Artinya.

Agar tidak ketinggalan update doa saya, silahkan follow saya Google News.

Baca Juga

Bagikan: