Doa Hari Ke-15 Bulan Ramadhan, Menyambut Malam Lailatul Qadr

Alby Zafr

Doa Hari Ke 15 Bulan Ramadhan
Doa Hari Ke-15 Bulan Ramadhan, Menyambut Malam Lailatul Qadr. (Foto: Alby Zafr/Istockphoto)

Doa Hari ke-15 di bulan Ramadhan adalah saat yang sangat istimewa bagi umat Muslim. Karena pada malam hari ke-15, diperkirakan terjadi malam Lailatul Qadr, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Oleh karena itu, umat Muslim di seluruh dunia memperbanyak ibadah di hari ke-15 Ramadhan dan berdoa agar mendapatkan keberkahan di malam Lailatul Qadr. Berikut adalah doa hari ke-15 bulan Ramadhan yang bisa dijadikan sebagai panduan dalam beribadah.

Mengenali Malam Lailatul Qadr

Saat sebelum mengulas doa hari ke-15 bulan Ramadhan, penting untuk mengenal malam Lailatul Qadr lebih dulu. Malam Lailatul Qadr ialah malam yang lebih bagus dari seribu bulan. Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Qadr ayat 1-3, “Sebenarnya Kami sudah menurunkannya (Al-Quran) saat malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apa malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih bagus dibanding seribu bulan.” Maka dari itu, malam Lailatul Qadr benar-benar spesial dan diberkahi.

Kapan Malam Lailatul Qadr Terjadi?

Malam Lailatul Qadr terjadi pada salah satu malam ganjil di 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Namun, kita tidak mengetahui secara pasti pada malam yang mana Lailatul Qadr terjadi. Allah SWT tidak menunjukkan secara pasti kapan malam Lailatul Qadr terjadi agar kita terus beribadah dan berdoa di 10 malam terakhir bulan Ramadhan.

Keutamaan Malam Lailatul Qadr

Malam Lailatul Qadr memiliki banyak keutamaan. Selain lebih baik dari seribu bulan, malam Lailatul Qadr juga merupakan malam di mana semua urusan manusia ditentukan. Allah SWT berfirman dalam Surah Ad-Dukhan ayat 3-4, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya pada malam yang penuh berkah. Sesungguhnya Kami adalah pemberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” Oleh karena itu, di malam Lailatul Qadr, umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan berdoa agar mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Doa Hari Ke-15 Bulan Ramadhan untuk Menyambut Malam Lailatul Qadr

Berikut adalah doa hari ke-15 bulan Ramadhan yang bisa diucapkan untuk menyambut malam Lailatul Qadr:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

“Allohumma innaką’aafuwwun tuhibbul ąfwą fak fu’aanni”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan suka memaafkan, maka maafkanlah dosaku”

اللَّهُمَّ إِنَّكَ رَبَّ الرَّحْمَةِ فَارْحَمْنِي

“Alląhummą innaką rąbburrahmąh fąrghamni”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah Rabb yang memiliki rahmat, maka berilah rahmat kepada diriku”

اللَّهُمَّ إِنَّكَ رَبِّيْ لا إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ لَكَ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

“Alląhumma innaka rabbi la ilaha illa anta khalaqtani wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastata’tu, a’udhu bika min sharri ma sana’tu, abu’u laka bini’matika ‘alayya wa abu’u laka bidhanbi, faghfirli fa innahu la yaghfirudh-dhunuba illa anta”

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada yang berhak disembah selain Engkau. Engkau menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu, aku berada di bawah perjanjian dan janji-Mu sejauh aku mampu. Aku berlindung pada-Mu dari kejahatan perbuatanku, aku mengakui nikmat-Mu atas diriku dan mengakui dosaku, maka ampunilah aku, karena tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau”

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِيْ فِيْهِ طَاعَةَ الْخَاشِعِيْنَ وَ اشْرَحْ فِيْهِ صَدْرِيْ بِإِنَابَةِ الْمُخْبِتِيْنَ بِأَمَانِكَ يَا أَمَانَ الْخَائِفِيْنَ

“Allahummąr zuqnî fîhi thą’ątąl khąsyi’în wąsyrąh fîhi shodrî bi inâbatil mukhbitîn biąmąniką yą ąmąnąl kho’ifîn.”

Artinya: “Ya Allah, Mohon anugerahkan padaku di bulan ini dengan ketaatan orang-orang yang khusyu serta lapangkanlah dadaku dan dengan taubat orang-orang yang rendah diri. Dengan kekuatan-Mu. Wahai tempat berlindung bagi orang-orang yang ketakutan.”

Doa-doa tersebut di atas dapat diucapkan ketika menyambut malam Lailatul Qadr. Selain itu, umat Muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di malam Lailatul Qadr, karena malam tersebut memiliki keutamaan yang sangat besar. Di malam Lailatul Qadr, pahala ibadah di malam Lailatul Qadr sama Allah dilipatgandakan hingga lebih dari seribu bulan. Oleh karena itu, malam Lailatul Qadr sangat dinantikan oleh umat Muslim dan banyak di antara mereka yang memperbanyak ibadah di malam tersebut.

Beberapa ibadah yang bisa dilakukan di malam Lailatul Qadr adalah sebagai berikut:

1. Shalat Tarawih

Shalat Tarawih adalah shalat sunnah yang sudah dilakukan saat di bulan Ramadhan, dilaksanakan sesudah shalat Isya dan dilakukan dengan berjemaah di mushollah atau pada tempat yang lain,dilanjutkan membaca ayat suci Al-Quran dengan berjemaah dan umumnya dilaksanakan sepanjang satu jam sampai tiga jam.

2. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran di malam Lailatul Qadr sangat dianjurkan. Umat Muslim bisa membaca Al-Quran secara individu atau berjamaah di masjid. Selain itu, membaca Al-Quran di malam Lailatul Qadr juga bisa dilakukan dengan tujuan untuk memperbanyak ibadah dan mendapatkan pahala yang besar.

3. Berdoa dan memohon ampunan

Malam Lailatul Qadr juga bisa dimanfaatkan untuk berdoa dan memohon ampunan kepada Allah SWT. Umat Muslim bisa berdoa untuk memohon kebaikan, kesehatan, kebahagiaan, kesuksesan, dan lain sebagainya. Selain itu, malam Lailatul Qadr juga bisa dimanfaatkan untuk memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

4. Berinfak

Berinfak atau bersedekah juga sangat dianjurkan di malam Lailatul Qadr. Umat Muslim bisa berinfak dengan memberikan sedekah kepada orang yang membutuhkan atau kepada lembaga-lembaga sosial yang melakukan kegiatan sosial. Dengan bersedekah, umat Muslim bisa memperoleh pahala yang besar di malam Lailatul Qadr.

Dalam menyambut malam Lailatul Qadr, umat Muslim juga disarankan untuk menjauhi hal-hal yang bersifat haram atau merusak keimanan. Umat Muslim juga disarankan untuk meningkatkan kualitas ibadah di malam Lailatul Qadr dan berdoa dengan tulus kepada Allah SWT.

Dengan mengamalkan ibadah dan doa-doa di atas, umat Muslim diharapkan bisa memperoleh pahala yang besar di malam Lailatul Qadr. Selain itu, umat Muslim juga diharapkan bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah dan rahmat-Nya kepada umat Muslim selama bulan Ramadhan dan selalu menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang taat dan bertakwa. Aamiin.

Penulis: Alby Zafr
Sumber: Dari berbagai sumber

Also Read

Bagikan: