Doa Setiap Hari Puasa Ramadhan Selama 30 hari Arab, Latin dan Artinya

Alby Zafr

Doa bulan Ramadhan dan Artinya

Doa bulan Ramadhan dan Artinya adalah praktik spiritual penting dalam Islam serta merupakan bagian integral dari kehidupan seorang Muslim. Doa dalam Islam mengacu pada upaya komunikasi langsung antara seorang Muslim dengan Allah SWT.

Tujuan utama doa dalam Islam adalah untuk memperkuat hubungan pribadi seorang hamba dengan Allah, supaya mendapatkan petunjuk, kekuatan, dan perlindungan dari-Nya, serta memohon kebaikan, ampunan, dan berkah doa saat bulan suci Ramadhan. Doa juga dianggap sebagai sarana untuk mengungkapkan rasa syukur, kesadaran akan kebesaran sang pencipta, serta kepatuhan terhadap ajaran-Nya.

Dalam Islam, doa juga diajarkan sebagai cara untuk menghadapi cobaan, kesulitan, dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berdoa, seorang Muslim percaya bahwa Allah akan mendengar, mengabulkan, dan merespons permintaan dan harapannya sesuai dengan kehendak-Nya yang Maha Bijaksana, khususnya disaat bulan-bulan seperti ini. Oleh karena itu, doa memiliki peran yang sangat penting dalam memperkuat iman, ketabahan, dan keterhubungan spiritual seorang hamba dengan-Nya.

Berikut adalah yang bisa dibaca saat berpuasa selama Ramadan selama 30 hari:

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-1

Latin : “Allahummaj’āl shiyāamīi fīihi shiyāmash shaāimin, wa qiyāamî fīihi qiyaamāl qāa imîn, wa nabbihnî fîhi āan nawmatil ghaāfilīin, wa hablīi jurmīi fiihī yaa Ilahal‘alāmîn, wa’fu ‘āanniī yaa ‘afiyān ‘anil mujrimîn.”

Artinya : “Ya Allah, jadikan puasaku di bulan ini sebagai puasa orang-orang yang berpuasa sebenarnya, shalat malamku di dalamnya sebagai orang yang shalat malam sebenar¬nya, bangunkan daku di dalamnya dari tidurnya orang-orang yang lalai. Bebaskan aku dari dosa-dosaku wahai Tuhan semesta alam. Maafkan aku wahai Yang Memberi ampunan kepada orang-orang yang berbuat dosa.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-2

Latin : “Allāhumma qarribnî fîhi ilā mardhotika wa jannibnîi fîihi min sakhotika wa naqimātika wa waffiqnî fîihi liqiro-ati āyāatika birahmatika yāa arhamar rohimîn.”

Artinya : “Ya Allah! Mohon dekatkanlah aku kepada keridhaan-MU dan jauhkanlah aku dari kemurkaan serta alasan-MU. Mohon berilah aku kemampuan untuk membaca ayat-ayat-MU dengan rahmat-MU, Wahai Maha Pengasih dari semua yang Pengasih.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-3

Latin : Allāhummarzuqnī fīhidz dzihna wattanbīhi wa bā’idnī fīhi minas safāahati wattamwīhi waj’allī nashīban min kulli khoirin tunzilu fīhi bijųdika yaa ajwadal ajwadīn.”

Artinya : “Ya Allah! Mohon berikanlah aku rizki akal dan kewaspadaan. dan jauhkanlah aku dari kebodohan dan kesesatan. Anugerahkanlah kepadaku bagian dari segala kebaikan yang ENGKAU turunkan, demi kemurahan-MU, Wahai dzat Yang Maha Dermawan dari semua yang dermawan.”

Baca Juga: Cukup Baca Doa Ini Menjelang Awal Puasa di Bulan Ramadhan, Arab, Latin serta Lengkap dengan Artinya

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-4

Latin : “Allahumma qawwinii fiihi ‘alaa iqoomati amrika wa adziqnii fiihi halaawata dzikrika wa audzi’nii fiihi li adaa’i syukrika bikaromika wahfazhnii fiihi bihifzhika wa sitrika yaa abshoron-naazhiriin.”

Artinya: “Ya Allah! Mohon berikanlah kekuatan kepadaku, untuk menegakkan perintah-perintah-MU, dan berilah aku manisnya berdzikir mengingat-MU. Mohon berilah aku kekuatan untuk bersyukur kepada-MU, dengan kemuliaan- MU. Dan jagalah aku dengan penjagaan-MU dan perlindungan-MU, Wahai dzat Yang Maha Melihat.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-5

Latin : “Allāhummaj’alnī fīhi minal mustaghfirīn waj’alnī fīhi min ‘ibādikas sholihīnal qonitīn waj’alnī fīhi min awliyā-ikalmuqorrabīn biro’fatika yā arhamarrohimīn.”

Artinya: “Ya Allah! Mohon jadikanlah di bulan ini aku termasuk diantara orang-orang yang memohon ampunan (beristighfar), dan jadikanlah aku sebagai hamba-MU yang saleh dan setia serta mohon jadikanlah aku diantara Auliya’- MU yang dekat disisi-MU, dengan kelembutan-MU, Wahai dzat Yang Maha Pengasih di antara semua pengasih.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-6

Latin : “Allāhumma lā takhdzulnī fīhi lita’arrudhi ma’shiyatika wa lā tadhribnī bisiyāthi naqimatika wa zahzihnī fīhi min mûjibāti sakhatika bimannika wa ayādīka yā muntahā roghbatirroghibīn.”

Artinya: “Ya Allah! Janganlah Engkau hinakan aku di bulan ini karena perbuatan maksiatku terhadap-MU, dan janganlah Engkau cambuk aku dengan cambuk balasan-MU. Jauhkanlah aku dari hal-hal yang dapat menyebabkan kemurkaan-MU, dengan kelembutan dan ketinggian rahmat-Mu, Wahai pegangan terakhir orang-orang yang berkeinginan.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-7

Latin : “Allāhumma a’innī fīhi ‘alā shiyāmihi wa qiyāmihi wa jannibnī fīhi min hafawātihi wa ātsāmihi warzuqnī fīhi dzikrika bidawāmihi bitaufīqika Yā hādiyal mudhillīn.”

Artinya: “Ya Allah, bantulah aku untuk berpuasa dan shalat malam serta jauhkan aku dari kesia-siaan dan perbuatan dosa. Anugrahi aku di dalamnya dengan dawamnya ingat pada-Mu dengan taufik-Mu wahai yang menunjuki orang tersesat.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-8

Latin : “Allāhummarzuqnī fīhi rahmatal aytām wa it’āmitha’ām wa ifsyāis salām wa suhbatil kirām bithawlika yā malja-al āmilīn.”

Artinya: “Ya Allah, anugrahilah kepada kami rasa sayang terhadap anak-anak yatim dan suka memberi makan (orang miskin) serta menyebarkan kedamaian dan bergaul dengan orang-orang mulia dengan kemurahanmu wahai tempat berlindung bagi orang-orang yang berharap.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-9

Latin : “Allāhummaj’allī fīhi nashīban min rahmatikal wāsi’ah wahdinī fīhi libarāhīnikas sāthi’ah wa khudz bināshiyatī ilā mardhātikal jāmi’ah bimahabbatika yā amalal musytāqīn.”

Artinya: “Ya Allah! Anugerahilah untukku sebagian dari rahmat-MU yang luas, dan berikanlah aku petunjuk kepada ajaran- ajaran-MU yang terang, dan bimbinglah aku menuju kepada keridhaan-MU yang penuh dengan kecintaan-MU, Wahai harapan orang-orang yang merindu.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-10

Latin : “Allāhummaj ‘alnī fīhi minal mutawakkilīn ‘alaika waj’alnī fīhi minal fāizīn ladaika waj’alnī fīhi minal muqarrabīn ilaika biiīhsānika yā ghāyatat thālibīn.”

Artinya: “Ya Allah! Mohon jadikanlah aku diantara orang-orang yang bertawakkal kepada-Mu, dan jadikanlah aku diantara orang- orang yang menang disisi-MU, dan jadikanlah aku diantara orang-orang yang dekat kepada-MU, dengan kebaikan-MU, Wahai Tujuan orang-orang yang memohon.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-11

Latin : “Allāhumma habbib ilayya fīhil ihsan wa karrih fīhil fusûq wal ‘isyān wa harrim ‘alayya fīhis sakhatha wannīrān bi’aunika yā ghiyātsal mustaghītsīn.”

Artinya: “Ya Allah! Mohon tanamkanlah ke dalam diriku kecintaan kepada perbuatan baik, dan tanamkanlah ke dalam diriku kebencian terhadap kemaksiatan dan kefasikan. Mohon jauhkanlah dariku kemurkaan-MU dan api neraka dengan pertolongan-MU, Wahai Penolong orang-orang yang meminta pertolongan.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-12

Latin : “Allāhumma zayyinī fīhi bissitri wal ‘afāf wasturnī fīhi bilibāsil qunû’i wal kafāf wahmilnī fīhi ‘alal ‘adli wal inshāf wa Wa āminnī fīhi min kulli mā akhāfu bi’ismatika ya ‘ismatal khāifīn.”

Artinya: “Ya Allah, mohon hiasilah aku di bulan ini dengan penutup aib dan kesucian. Tutupilah diriku dengan pakaian kecukupan dan kerelaan diri. Tuntunlah aku untuk senantiasa bersikap adil dan taat. Selamatkanlah aku dari segala sesuatu yang aku takuti. Dengan Perlindungan-MU, Wahai tempat bernaung bagi mereka yang ketakutan.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-13

Latin : “Allāhumma thahhirnī fīhi minaddanasi wal aqdzār wa sabbirnī fīhi ‘ala kāinātil aqdāri wawaffiqnī fīhi littuqā wa suhbatil abrār bi’aunika yā qurrata ‘ainil masākīn.”

Artinya: “Ya Allah! Mohon sucikanlah diri kami di bulan ini dari segala nista dan perbuatan keji. Berilah aku kesabaran atas apa yang telah Engkau tetapkan. Anugerahkan kepada kami ketakwaan dan persahabatan dengan orang-orang yang baik dengan pertolongan-MU, Wahai cahaya hati orang-orang yang miskin.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-14

Latin : “Allāhumma tu’aakhidna fiihi minal khotoya walhafawati walaa taj’alni fiihi ghoroda lilbalaya wal aafati yaa iizzulmuslimin.”

Artinya: “Ya Allah! Mohon Janganlah ENGKAU tuntut dari kami di bulan ini semua kesalahan yang aku lakukan. Hapuskan seluruh kesalahan dan kebodohanku. Hindarkan aku dari bencana dan malapetaka. Demi kemuliaan-MU, Wahai sandaran Kemulian kaum Muslimin.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-15

Latin : “Allāhummar zuqnī fīhi thā’atal khāsyi’īn wasyrah fīhi shadrī bi inābatil mukhbitīn biamānika yā amānal khāifīn.”

Artinya: “Ya Allah, Mohon anugrahkan padaku di bulan ini dengan ketaatan orang-orang yang khusyu serta lapangkanlah dadaku dan dengan taubat orang-orang yang rendah diri. Dengan kekuatan-Mu. Wahai tempat berlindung bagi orang-orang yang ketakutan.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-16

Latin : “Allāhumma waffiqnī fīhi limuwāfaqatil abrār wa jannibnī fīhi murafaqatal asyrār wa āwinī fīhi birahmatika ilā dāril qarāri bīlāhiyyatika yā ilāhal ‘ālamīn.”

Artinya: “Ya Allah, anugrahilah kepadaku di bulan ini agar supaya bisa bergaul dengan orang-orang baik, dan jauhkanlah aku dari bergaul dengan orang-orang jahat. Berilah aku perlindungan di bulan ini dengan rahmat-Mu sampai ke alam Akhirat. Demi keesaan-Mu wahai Tuhan semesta Alam.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-17

Latin : “Allāhummah dinī fīhi lishālihil a’māli waqdhi lī fīhil hawāija wal āmāla yā man lā yahtāju ilat tafsīr was suāli yā ‘āliman bimā fī shudųril ‘ālamīn shalli ‘alā muhammadin wa ālihith thāhirīn.”

Artinya: “Ya Allah anugrahilah aku di bulan ini untuk bisa berperilaku yang baik dan kabulkanlah semua hajat dan keinginanku. Wahai yang tidak memerlukan penjelasan dan pertanyaan. Wahai yang Maha mengetahui apa yang ada di dalam alam ini. Anugrahilah shalawat dan salam bagi Muhammad dan keluarganya yang suci.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-18

Latin : “Allāhumma nabbihnī fīhi libarakāti ashārihi wa nawwir fīhi qalbī bidhiyāi anwārihi wa khudz bikulli a’dhāī ilat tibā’I ātsārihi binûrika yā munawwiral qulûbi ārifīn.”

Artinya: “Ya Allah sadarkanlah aku untuk mengetahui berkat yang ada pada waktu sahur. Terangilah hati-ku dengan cahaya-Mu yang lembut. Jadikanlah seluruh anggota badanku dapat mengikuti cahaya itu. Wahai Penerang hati sanubari.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-19

Latin : “Allāhumma waffir hadzdzī min barakātihi wa sahhil sabīlī ilā khayrātihi walā tahrimnī qabųla hasanātihi yā hādiyan ilal haqqil mubīn.”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku di bulan ini lebih bisa menikmati berkat-berkat-Mu dan mudahkanlah jalan-ku untuk mendapat kebaikan-kebaikannya. Jangan Engkau haramkan aku untuk menerima kebaikan-kebaikannya. Wahai Pemberi Petunjuk kepada jalan yang terang.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-20

Latin : “Allāhummaftah lī fīhi abwābal jināni wa agliq ‘annī fīhi abwāban nīrān wa waffiqnī litilāwatil qur’āni yā munzilas sakīnata fī qulųbil mu’minīn.”

Artinya: “Ya Allah, bukakanlah bagiku di bulan ini pintu-pintu menuju surga dan tutupkan bagiku pintu-pintu neraka. Berikanlah kemampuan padaku untuk menelaah Al qur’an di bulan ini. Wahai yang menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-21

Latin : “Allāhummaj ‘al lī fīhi ilā mardhātika dalīlan wa lā taj’al lisysyaithāni fīhi ‘alayya sabīlan waj’alil jannata lī manzilan wa maqīlan yā qādhiya hawāijal muhtājīn.”

Artinya: “Ya Allah, tuntunlah aku di bulan yang mulia ini untuk mendapat keridhaan-Mu, Dan janganlah adakan celah bagi syetan untuk menggodaku. Jadikan surga sebagai tempat tinggal dan bernaungku. Wahai yang memenuhi hajat orang-orang yang meminta.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-22

Latin : “Allāhummaftah lī abwāba fadhlika wa anzil ‘alayya fīhi barakātika wa waffiqnī fīhi limųjibāti mardhātika wa askinnī fīhi buhbųhāti jannātika yā mujība da’watil mudhtharrīn.”

Artinya: “Ya Allah bukakanlah lebar –lebar pintu karunia-Mu di bulan ini dan curahkan berkah-berkah-Mu Tempatkan aku di tempat yang membuat-Mu ridho padaku. Tempatkan aku di dalam Surga-Mu. Wahai Yang Maha menjawab doa orang yang dalam kesempitan.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-23

Latin : “Allāhummaghsilnī fīhi minadzdzunųbi wa thahhirnī fīhi minal ‘uyųbi wamtahin qalbī bitaqwal qulųbi yā muqīla ‘atsarātil mudznibīna.”

Artinya: “Ya Allah, sucikanlah aku dari dosa-dosa dan bersihkanlah diriku dari segala aib/ kejelekan.Tanamkanlah ketakwaan di dalam hatiku. Wahai Penghapus kesalahan orang-orang yang berdosa.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-24

Latin : “Allāhumma innī asaluka fīhi mā yurdhīka wa a’ûdzu bika mimmā yu’dzīka wa asalukat taufīqa fīhi lian utī’aka wa lā a’shīka yā ajwadas sāilīn.”

Artinya: “Ya Allah aku memohon pada-Mu di bulan yang suci ini dengan segala sesuatu yang medatangkan keridhaan-Mu, dan aku berlindung dengan-Mu dari hal-hal yang mendatangkan kemarahan-MU, dan aku memohon kepada-MU kemampuan untuk mentaati-MU serta menghindari kemaksiatan terhadap-MU, Wahai Pemberi para peminta.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-25

Latin : “Allâhummaj’alnī fīhi muhibban li awliyâika wa mu’ādiyan lia’dāika mustanan bisunnati khâtami anbiyāika ya ‘āsima qulųbinnabiyyīn.”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku di bulan ini lebih mencintai para wali-Mu dan memusuhi musuh-musuh-Mu. Jadikanlah aku pengikut sunnah Nabi penutup-Mu. Wahai yang menjaga hati para nabi.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-26

Latin : “Allāhummaj’al sa’yī fīhi masykųrān wa dzanbī fīhi maghfųran wa ‘amalī fīhi maqbųlan wa ‘aybī fīhi mastųran yā asma’as sāmi’īna.”

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah setiap lampah usahaku di bulan ini sebagai ungkapan rasa syukur dan dosa-dosaku terampuni, amal-amalku diterima dan seluruh aib kejelekanku ditutupi. Wahai Yang Maha mendengar dari semua yang mendengar.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-27

Latin : “Allāhummarzuqnī fīhi fadhla laylatil qadri wa shayyir umųrī fīhi minal ‘ųsri ilal yusri waqbal ma’ādzīrī wa huththa ‘anniyadz dzanba wal wizra yā ra`ųfan bi’ibādihīsh shālihīn.”

Artinya: “Ya Allah, berkahilah aku di bulan ini dengan mendapatkan lailatul qadr. Ubah arah hidupku dari hidup yang susah menjadi mudah. Terimalah segala permohonan maafku dan hapuskan dosa-dosa dan kesalahanku. Wahai Yang Maha Penyayang terhadap hamba-Nya yang saleh.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-28

Latin : “Allāhumma waffir hadzdzî minan nawāfili wa akrimnî fīhi bihdhāril masāili wa qarrib fîhi wasîlatī ilayka min baynil wasāili yā man lā yasyghaluhu ilhāhul mulihhīna.”

Artinya: “Ya Allah, sempurnakanlah hidupku dengan melaksanakan amalan-amalan Sunnah, dan muliakanlah aku dengan terkabulnya semua permintaan. Dekatkanlah aku kepada-Mu dengan berbagai jalan, Wahai Yang tidak sibuk dengan rintihan orang yang meminta.”

Doa Puasa Ramadhan Hari ke-29

Latin : “Allahumma ghasysyinî fîhi birrahmati warzuqnî fîhit tawfîqa wal ‘ismata wa thahhir qalbî min ghāyahibit tuhmati yaa rahîman bi’ibâdihil mukminîn.”

Artinya: “Ya Allah, lingkupilah aku di bulan ini dengan rahmat-Mu, anugrahilah aku taufik dan penjagaan-Mu. Sucikanlah hatiku dari benih-benih fitnah/kebencian, Wahai yang Maha Pengasih terhadap hamba-hamba-Nya yang beriman.”

Doa Puasa Hari Tearkhir Ramadhan ke-30

Latin : “Allāhummaj’al shiyâmî fîhi bisysyukri wal qabûli ‘alā mā tardhāhur Wayardlāhurrasûlu muhkamatan furû’uhu bil ushuli bihaqqi sayyidinā muhammādin wa ālihit Al-Thāhirîn wal hamdu lillahi rabbil’alāmin.”

Artinya: “Ya Allah, terimalah puasaku di bulan ini dengan rasa syukur. Jadikanlah puasaku ini mendatangkan keridhaan-Mu dan keridhaan para Rasul-Mu. Engkau kuatkanlah furu (cabang-cabang)-nya dan ushul (pokok-pokok)-nya. Demi kebenaran junjungan kami Muhammad saw beserta keluarganya yang suci. Segala puji bagi-Mu ya Allah,Tuhan semesta alam.”

Editor

Alby Zafr

Sumber Refrensi

Dari berbagai sumber

Baca Juga

Bagikan: