Menggapai Kebahagiaan dengan Membaca Sholawat Nariyah di Pagi Hari

Alby Zafr

Menggapai Kebahagiaan dengan Membaca Sholawat Nariyah di pagi hari
Menggapai Kebahagiaan dengan Membaca Sholawat Nariyah di Pagi Hari. (Foto: Alby Zafr/Istockphoto)

Membaca Sholawat Nariyah – Sholawat Nariyah adalah salah satu sholawat yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang membaca sholawat nariyah pada malam hari dan pada pagi hari 40 hari, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa 40 tahun dan malamnya beribadah serta menunaikan haji dan umrah.”

Sholawat Nariyah dapat memberikan kebahagiaan dunia dan akhirat. Banyak orang yang merasakan manfaat langsung setelah mengamalkannya. Selain itu, sholawat nariyah juga dapat mendekatkan kita kepada Nabi Muhammad SAW.

Sholawat Nariyah adalah sholawat yangPenuh dengan keberkahan, mampu meningkatkan kualitas hidup kita. Banyak orang yang telah merasakan manfaat setelah mengamalkannya. Tidak heran jika amalan ini begitu populer di kalangan umat Islam.

Mengapa harus di pagi hari?

Pagi hari adalah waktu di mana kita sedang fit dan segar setelah istirahat malam. Oleh karena itu, dengan sholawat nariyah di pagi hari maka akan lebih mudah bagi kita untuk fokus dan mendapatkan manfaat maksimal dari amalan ini.

Bagaimana cara membacanya?

Caranya sangat mudah, cukup dengan membaca sebanyak-banyaknya setiap pagi. Kamu bisa membacanya sendiri atau bersama teman-teman kamu agar amalan ini lebih berkesan.

Namun jika kamu masih merasa belum sempat atau belum mampu untuk membacanya setiap hari, janganlah berkecil hati. Karena sebenarnya ada beberapa waktu tertentu di mana amalan ini sangatlah bermanfaat, diantaranya:

  • Setelah shalat subuh
  • Sebelum berangkat kerja atau mendekati waktu deadline
  • Mengerjakan pekerjaan rumah tangga atau hal-hal yang berhubungan dengan anak-anak
  • Menjalani kegiatan sosial seperti pertemuan dengan teman
  • Melakukan perjalanan jarak jauh
  • Setelah selesai belajar atau setelah pulang sekolah/kuliah

Pentingnya Sholawat Nariyah Bagi Umat Islam

​Sholawat Nariyah adalah salah satu sholawat yang sangat dianjurkan untuk dibaca di pagi hari. Sholawat nariyah di pagi hari adalah sebagai berikut :

  • Dapαt meningkαtkan iman taqwa kepada Allah SWT.
  • Dapat mencegah diri dari perbuatan maksiat dan dosa.
  • Dapat meningkatkan kekuatan spiritual dan pikiran.
  • Dapat menyejukkan hati dan menenangkan jiwa.
  • Dapat menjadikan seseorang lebih rukhsah kepada Allah SWT.
  • Dapat mendatangkan berkah dan kebahagiaan dalam hidup.
  • Dapat menjadikan seseorang lebih khusyuk dan taat kepada Allah SWT.

Diantara sekian banyak keutamaan sholawat nariyah di pagi hari, yang paling utama adalah dapat meningkαtkan iman dαn taqwa kepαda Allah SWT. Dengan sholawat nariyah, kita dapat lebih banyak mengingat Allah SWT dan menjadikan-Nya sebagai tempat berpijak dalam hidup. Sholawat Nariyah juga dapat meningkatkan kekuatan spiritual dan pikiran, sehingga kita lebih siap menghadapi segala cobaan dan rintangan dalam hidup.

Baca Juga: Bacaan Doa Tawassul Ila Hadrotin Nabiyil Mustofa

Keutamaan Membaca di Pagi Hari

​Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk melakukan sholawat nariyah. Sholawat nariyah dapat meningkatkan spiritualitas dan menenangkan pikiran. Banyak keutamaan yang dapat diambil dari sholawat nariyah, seperti membantu meningkatkan konsentrasi, meningkatkan mood, dan memberikan kekuatan untuk menjalani hari.

Kebaikan yang Didapatkan dari Membaca Sholawat Nariyah di Pagi Hari

Sholawat nariyah di pagi hari sudah pasti tidak diragukan lagi. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang rutin melakukannya. Di antara kebaikan yang didapatkan dari sholawat nariyah di pagi hari, adalah sebagai berikut.

Pertama, kebaikan yang didapatkan dari sholawat nariyah di pagi hari adalah mendapatkan ridha Allah SWT. Karena sholawat nariyah merupakan salah satu sholawat yang diajarkan Rasulullah SAW, maka tentu saja akan mendapatkan ridha Allah SWT.

Kedua, dengan mendapatkan ridha Allah SWT, maka kita akan mendapatkan segala kebaikan di dunia dan akhirat. Kebaikan di dunia, seperti keselamatan dalam segala hal, kesehatan jasmani dan rohani, kebahagiaan, dan lain sebagainya. Sedangkan di akhirat, tentu saja kita akan mendapatkan surga Allah SWT.

Ketiga, dengan sholawat nariyah di pagi hari, maka kita akan lebih mudah untuk berpikir positif sepanjang hari. Kita akan lebih mudah untuk menjauhi segala hal yang negatif dan merusak. Kita akan lebih mudah untuk bersabar dan bersyukur atas segala hal.

Keempat, membaca sholawat nariyah di pagi hari juga dapat mendatangkan berkah dan rahmat Allah SWT dalam hidup kita. Kita akan diberkahi dengan segala hal yang positif dan menyenangkan. Kita akan selalu dilindungi dan diberikan petunjuk dalam segala hal.

Dengan demikian, jelaslah bahwa ada banyak kebaikan yang didapatkan dari membaca sholawat nariyah di pagi hari. Oleh karena itu, jangan sampai kita melewatkannya. Semogα Allah SWT selαlu merahmαti kitα semua. Aamiin.

Bacaan Doa Sholawat Nariyah Arab, Latin dan Artinya

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

 

 

“Allahumma shalli shalatan kamilatan wa sallim salaman tamman aala sằyyidina Muḫammadinil-ladzi tanḫallu bihil-`uqodu wa tanfariju bihil-kurobu wa tuqdla bihil-ḫawaiju wa tunalu bihir-rogho’ibu wa ḫusnul-khawatimi wa yustasqal-ghamamu biwajhihil-karîmi wa’aằla alihi wa shaḫbihi fî kulli lamḫằtin wa nafằsin bi`adằdi kulli ma`lûmilak(a).”

 

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.”

Langkah-Langkah untuk di Pagi Hari

​Sholawat Nariyah adalah sebuah sholawat yang sangat populer di kalangan masyarakat Muslim. Sholawat ini dapat dibaca pada waktu siang atau malam hari, tetapi banyak orang yang menyarankan untuk membacanya pada pagi hari. Berikut adalah beberapa langkah untuk di pagi hari:

1. Pertama-tama, pastikan kamu telah berwudhu dengan benar. Ini adalah syarat utama untuk membaca sholawat nariyah atau sholawat apapun.

2. Setelah itu, temukan tempat yang tenang dan nyaman untuk duduk. Jika kamu membaca sholawat di tempat yang berisik, maka akan sulit untuk fokus.

3. Baca sholawat nariyah dengan hati-hati dan tawadhu’ (rendah hati). Jangan coba untuk membaca sholawat dengan suara yang keras atau cepat, karena ini tidak akan membantu kamu untuk memahami isi sholawat.

4. Selain itu, jangan lupa untuk membaca doa setelah sholawat nariyah. Doa ini akan membantu kamu untuk meningkatkan kualitas sholawat yang kamu baca.

5. Terakhir, jangan lupa untuk mendoakan orang-orang yang kamu sayangi setelah membaca sholawat nariyah. Doa ini akan menjadikan sholawat yang kamu baca lebih berkualitas dan berharga.

Saran dari saya, tidak perlu banyak ambil 11x setiap pagi, sebelum bekerja atau sebelum atau membuka usaha, usahakan istiqomah dalam mengamalkan Sholawat Nariyah.

Insha Allah, dengan izin Allah semua doa kita di ijabah oleh Allah SWT. Amiiiin

Sekian dari saya, semoga langkah-langkah ini dapat membantu kamu dalam membaca sholawat nariyah di pagi hari. Jangan lupa untuk tetap istiqomah dalam membaca sholawat dan mendoakan orang-orang yang kamu sayangi.

Editor: Alby Zafr
Sumber: Dari berbagai sumber

“Artikel lainnya bisa kunjungi Google News saya.”

Also Read

Bagikan: