Allahumma Inni As Aluka Husnul Khotimah, Simak Penjelasan Singkat

Alby Zafr

Allahumma Inni As Aluka Husnul Khotimah

Allahumma inni as aluka husnul khotimah merupakan sebagian doa yang merujuk pada permohonan untuk mengakhiri hidup dengan baik, yaitu kematian husnul khotimah, yang pada akhirnya membawa ke surga Allah SWT. Bacaan lengkap doa ini adalah sebagai berikut:

اَللّ‍هُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ حُسْنُ اْلخَاتِمَة

“Allahumma Inni As Aluka Husnul Khotimah”

Artinya: “Ya Allah aku meminta kepada-Mu husnul khatimah”

Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepadamu khusnul khatimah (akhir hidup yang baik), dan aku berlindung kepadamu dari su’ul khatimah (dari akhir nyawa hidup yang buruk).”

Mengamalkan doa ini dianggap penting karena kematian husnul khotimah diinginkan oleh setiap umat Muslim. Selain mematuhi segala perintah dan menjauhi larangan Allah SWT, mencapai husnul khotimah juga melibatkan doa sebagai wujud dari kesungguhan hati.

Baca Juga: Perbedaan Dalil dan Hadist dalam Islam

Selain doa di atas, terdapat doa lain yang dapat diamalkan oleh umat Islam untuk memohon kematian husnul khotimah. Berikut adalah beberapa doa yang diambil dari buku “Doa dan Zikir Makbul” (2020) dan “Terjemahan Majmu Syarif” (2018):

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ خَيْرَ عُمْرِي آخِرَهُ، وَخَيْرَ عَمَلِي خَوَاتِيمَهُ، وَخَيْرَ أَيَّامِي يَوْمَ أَلْقَاكَ

“Allahummaj’al Khaira ‘Umri Akhirahu, Wakhaira ‘aamali Khowatimahu, Wakhaira Ayyami Yauma Al-Qok”

Artinya: Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku adalah umur yang terakhirnya, sebaik-baik amalku adalah amal-amal penutupannya dan sebaik-baik hariku adalah hari saat aku menghadap-Mu.

 

اَللّهُمَّ اخْتِمْ لَنَا بِاْلاِسْلاَمِ وَاخْتِمْ لَنَا بِاْلاِيْمَانِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالْخَيْرِ وَاخْتِمْ لَنَا بِالسَّعَادَةِ وَاخْتِمْ لَنَا بِحُسْنِ الْخَاتِمَةِ

“Allohummaktimlanaa Bil Islami, Wahktimlanaa Bil Imaani, Wahktimlanaa Bilkhoiri, Wahktimlanaa Bis Sa’aadah, Wahktimlanaa Bihusnil Khotimah.”

Artinya: “Ya Allah akhirilah hidup kami dengan Islam, dengan membawa iman, dengan kebaikan, dengan kebahagiaan dan dengan husnul khotimah.”

Tanda Meninggal Husnul Khotimah

Tanda-tanda Husnul Khotimah dapat dikenali oleh setiap Muslim, seperti yang dijelaskan dalam buku “Innaa lillahi wa innaa ilaihi roji`uun” (2013) dan “Fiqih Lengkap Mengurus Jenazah” (2020). Beberapa tanda yang dapat dicermati antara lain:

  • Mengucapkan kalimat terakhir usia kita “Laa ilaaha illallah” saat datangnya ajal.
  • Meninggal dalam keadaan kening berkeringat.
  • Wafat pada hari Jumat, yang diyakini dapat menghindarkan dari siksa kubur.
  • Mati dalam keadaan sedang menjalankan ibadah atau menunjukkan ketaatan kita kepada Allah SWT.
  • Tanda-tanda khusus pada jenazah setelah kematian, seperti wajah yang tersenyum, wajah yang bersinar, atau terangkatnya jari telunjuk menunjukkan syahadat tauhid.

Dengan mengamalkan doa-doa dan mengenali tanda-tanda tersebut, saya berharap dapat meraih meninggal dalam husnul khotimah dan mendapatkan keberkahan di akhirat. Amin

Demikian artikel ini penjelasan singkat tentang “Allahumma Inni As Aluka Husnul Khotimah“, semoga bermanfaat!

“Artikel lainnya bisa kunjungi Google News saya.”

Editor: Alby Zafr

Sumber: Dari berbagai sumber

Also Read

Bagikan: