Perbedaan Dalil dan Hadist dalam Islam

Alby Zafr

Perbedaan Dalil dan Hadist dalam Islam

Perbedaan Dalil dan Hadist – Hadist adalah semua atau apa, yang ditaruhkan kepada Nabi Muhammad SAW, baik itu berupa perkataan, perbuatan ataupun taqrir Nabi.

Hadits bisa juga disebut sunnah sendiri ada persamaan dan perbedaan.

Perbedaan dan kebalikan dari hadits, sunnah, khabar dan atsar

Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar merupakan sumber hukum kedua seusai Al-Qur’an, pada dasarnya Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar mempunyai pengertian yang sama, yaitu hal yang baru, namun para Muhaddits berselisih pendapat dan akhirnya tidak disamakan.

Persamaan dari Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar adalah sama-sama dijadikan sebagai sumber hukum ke-2 seusai Al-Qur’an, salah satu perbedaannya:

  1. Hadits: Sesuatu yang bersandar pada ucapan Rasulullah SAW (jika hadits tersebut hanya berdasarkan perkataan, tapi jika sunnah adalah semuanya)
  2. Sunnah: segala sesuatu yang sumbernya dari Rasulullah SAW baik dari perkataan, perbuatan dan apapun yang di diamkan rasul (apa yang dilakukan oleh sahabat depan rasul dan Rasulullah diam tidak menegur perbuatan sahabat itu benar atau salah)
  3. Khabar: Sesuatu yang datangnya dari selain nabi (datangnya dari para sahabat nabi)
  4. Atsar: segala sesuatu yang telah diriwayatkan oleh para sahabat berdasarkan ucapan Rasullullah SAW

Namun jika aku membaca buku yang satu dengan buku yang lain, pasti akan berbeda, hal ini dikarenakan definisi dari Hadits tersebut, Sunnah, Khabar dan Atsar antara ulama’ yang satu dengan yang lain jelas tidak sama, tak sama dalam penyampaian kalimat, namun makna sebenarnya adalah sama.

Fungsi Hadist

1. Sebagai penjelasan Al-Qur’an
2. Sebagai sebuah petunjuk dalam berperilaku bagi umat manusia
3. Sebagai pedoman dalam mengambil suatu keputusan
3. Sebagai pertimbangan dalam pembuatan peraturan sesuai dengan syariat islam

Contoh Hadist Lengkap dengan Sanad

Berikut adalah contoh Hadist lengkap dengan Sanadnya, sebagai sebuah gambaran:

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ قَالَ سَمِعْتُ يَحْيَى بْنَ سَعِيدٍ يَقُولُ أَخْبَرَنِي مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَنَّهُ سَمِعَ عَلْقَمَةَ بْنَ وَقَّاصٍ اللَّيْثِيَّ يَقُولُ سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَإِنَّمَا لِامْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

“Qutaibah bin Sa’id telah menyampaikan hadits pada kami. Abd al-Wahab memberitakan pada kami. Dia berkata: Saya mendengar yahya bin Sa’id yang mengatakan: Muhammad bin ibrahim telah memberitahu bahwa ia mendengar Alqamah bin Waqas al-Laytsi berkata: Aku mendengar Umar bin al-Khathab berkata: Saya dengar rasul SAW bersabda: Sesungguhnya amal itu dengan niyat. Sesungguhnya bagi setiap orang tergantung pada yang ia niatkan. Barangsiapa yang hijrahnya kepada Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya pada Allah dan rasul-Nya. Barangsiapa yang hijrahnya untuk kepentingan dunia, atau yang hijrahnya karena wanita yang ingin ia nikahi, maka hijrahnya sesuai dengan apa yang harapkannya.”
(HR. Bukhori Muslim)

Sedangkan Pengertian tentang Dalil

  • Dalil adalah suatu yang dapat dijadikan bukti atau dasar untuk membenarkan tentang pendapat kita
  • Dalil sendiri bervariasi, bisa berupa dalil naqli dan dalil aqli
  • Dalil Naqli adalah bukti atau dasar pembenaran pendapat kita sumber dari al-qur’an atau kitab hadist
  • Dalil Aqli adalah bukti atau dasar pembenaran pendapat kita yang sumbernya dari ijma’ ulama’, dari hasil pemikiran ulama’ atau bahkan dari pemikiran kita

Dari penjelasan saya di atas dapat disimpulkan bahwa, Perbedaan hadist dan dalil adalah Jika hadist, mutlaq dari nabi dan jika dalil dari Allah, nabi atau pemikiran para ulama’ atau pemikiran kita.

Itulah perbedaan tentang Dalil dan Hadist dalam Islam, semoga penjelasan saya di atas bisa bermanfaat buat semuanya.

Editor: Alby Zafr

Sumber: Dari berbagai sumber

Bagikan:

Baca Juga