Bismika Allahumma ahya wabismika amut tulisan Arab, Latin dan Artinya

Alby Zafr

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ "Bismika Allahumma ahya wa bismika amut" Artinya: "Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati"
Bismika Allahumma ahya wa bismika amut

Bismika Allahumma ahya wabismika amut – Mengucapkan doa sebelum tidur, seperti doa Bismika Allahumma ahya wabismika amut, merupakan satu dari berbagai sumber yang disarankan bagi semua umat Muslim. Doa tidur dianggap memiliki kepentingan khusus karena pada saat tidur, seseorang dianggap berada dalam keadaan lemah dan rentan terhadap potensi dari gangguan jin dan setan.

Apa arti doa tidur Bismika Allahumma ahya wabismika amut?

Makna dari doa tidur Bismika Allahumma ahya wabismika amut, yang berbunyi “Dengan menyebut namamu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut namamu aku mati,” adalah harapan seseorang untuk mendapatkan perlindungan dan rahmat dari Allah ketika beristirahat. Selain itu, doa ini juga mencerminkan rasa syukur kepada Allah karena diberikan kesempatan untuk menjalani hidup untuk beribadah.

Dalam esensi doa tidur, terdapat ungkapan yang menandakan keyakinan seseorang kepada kekuatan dan kasih sayang Allah. Doa ini menjadi sarana untuk memohon perlindungan dari segala bentuk kejahatan dan merupakaan ungkapan kesadaran akan ketergantungan pada Tuhan dalam setiap aspek kehidupan.

بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوتُ

“Bismika Allahumma ahya wa bismika amut”

Artinya:
“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati”

Bismika Allahumma: Keutamaan Doa Sebelum Tidur dalam Islam

Mengamalkan doa sebelum tidur seperti Bismika Allahumma ahya wabismika amut merupakan satu bentuk ritual spiritual yang umum dilakukan oleh umat Muslim. Pentingnya doa ini tercermin dalam pemahaman bahwa saat seseorang tertidur, mereka dianggap dalam keadaan rentan dan lemah terhadap potensi gangguan dari jin dan setan.

Dalam konteks makna doa tidur, terdapat ungkapan khusus yang menyatakan, “Dengan menyebut namamu, Ya Allah, aku hidup dan dengan menyebut namamu aku mati.” Frasa ini tidak hanya mengandung makna yang mendalam, tetapi juga mencerminkan keimanan seseorang kepada Allah dengan penuh keyakinan.

Baca JugaHasbunallah Wa Ni’mal Wakiil, Bersandar Segala Urusan Hanya KepadaNYa

Praktik membaca doa sebelum tidur dan doa tidur seperti Bismika Allahumma ahya wabismika amut bukan hanya merupakan suatu kegiatan ritual, tetapi juga merupakan ajaran yang mengajarkan individu untuk selalu memelihara prasangka baik terhadap Allah. Dalam doa ini, seseorang memohon perlindungan dari Allah terhadap segala kejahatan dan bencana yang mungkin terjadi.

Pentingnya doa ini tidak hanya terletak pada upaya perlindungan, tetapi juga pada ungkapan keyakinan bahwa Allah senantiasa memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya, baik dalam kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat. Dengan demikian, doa tersebut mencerminkan suatu sikap tawakal dan kepercayaan yang mendalam terhadap kebijaksanaan dan kasih sayang Allah.

Amalan Sunnah Sebelum Tidur Menurut Ajaran Islam

Melaksanakan amalan sunnah sebelum tidur adalah praktek yang sangat dianjurkan dalam Islam karena tidak hanya membersihkan diri dari kotoran fisik tetapi juga meningkatkan kualitas tidur. Nabi Muhammad SAW, dalam riwayat yang tercatat dalam Imam Bukhari Muslim, mengajarkan pentingnya berwudhu sebelum tidur, mirip dengan wudhu sebelum melaksanakan shalat, dan berbaring pada sisi kanan badan.

Tidak hanya itu, merapikan tempat tidur sebelum beristirahat juga merupakan tindakan dianjurkan untuk menghilangkan debu atau kotoran yang mungkin ada pada kasur, sambil membaca basmalah. Rasulullah SAW, dalam hadis yang disampaikan oleh Bukhari dan Muslim, juga menekankan untuk mengucapkan doa sebelum tidur, yaitu “Dengan nama-Mu, wahai Tuhanku, aku baringkan punggungku.”

Baca JugaRatib Al-Haddad, Kunci Menuju Ketenangan Jiwa

Doa tasbih Fatimah, yang disarankan dibaca tujuh kali sebelum tidur, adalah suatu amalan yang dipandang baik menurut berbagai sumber. Doa ini mengandung pujian dan pengagungan kepada Allah SWT serta mengakui ketergantungan manusia pada-Nya dalam melakukan kebaikan. Tujuannya adalah untuk meraih pahala sebanding dengan melakukan haji dan umrah.

Selain praktik-praktik sunnah tersebut, menjaga kualitas tidur juga bisa dilakukan dengan beberapa langkah lain. Hindari makan atau minum yang berat sebelum tidur, sediakan tempat tidur yang nyaman, dan ciptakan lingkungan yang tenang di sekitar tempat tidur.

Tidur dalam Islam bukan hanya kebutuhan fisik semata, tetapi juga memiliki nilai dan makna ibadah. Oleh karena itu, melaksanakan amalan sunnah sebelum tidur juga dapat diartikan sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Itulah doa tentang Bismika Allahumma ahya wabismika amut Arab latin dan artinya, semoga bermanfaat! (AZ)

Sumber: Beragam sumber

Also Read

Bagikan: