Hasbunallah Wa Ni’mal Wakiil, Bersandar Segala Urusan Hanya KepadaNYa

Alby Zafr

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ Sebaik-baiknya Pelindung
حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ Hasbunallah wa ni’mal wakiil "Sebaik-baiknya Pelindung"

Hasbunallah wa ni’mal wakiil, kalimat tersebut nampak sederhana, namun sesungguhnya adalah dzikir yang mengandung makna yang luar biasa. Dzikir ini sebuah tanda memasrahkan diri seorang hamba kepada Allah dan menjadikan ia sebagai tempat bersandar.

Ibnul Jauzi dalam ‘Zaadul Masiir’ mengatakan bahwa maksud “Hasbunallah” adalah hanya Allah lah yang mencukupi segala urusanNya. Sementara “Al Wakiil“, kata Al Faro’ dengan orang yang mencukupi. Begitu pula kata Ibnul Qasim.

Sedangkan Ibnu Qutaibah mengatakan, bahwa makna “Al Wakil” adalah yang bertanggung jawab (yang menjamin). Al Khattabi berkata bahwa “Al Wakil” adalah yang bertanggung jawab memberi rizki dan berbagai faedah bagi hambaNya.

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

“Hasbunallah wa ni’mal wakiil”

Artinya: “Sebaik-baiknya Pelindung”

Dalam tafsir Al Jalalain disebutkan makna dzikir di atas adalah Allah lah yang mencukupi segala urusan dan Allah lah sebaik-baik tempat bersandar dalam segala urusan.

Syaikh As Sa’ad di dalam tafsir kitabnya memaparkan, “Maksud ‘Hasbunallah‘ adalah “Allah lah yang mencukupi urusan mereka” dan “Ni’mal Wakiil” adalah “Allah lah sebaik-baik tempat bersandar segala urusan hamba dan yang mendatangkan faedah.”

Sesungguhnya hanya Allah yang mencukupi. Allah swt berfirman:

وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ

Artinya: “Dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan) Nya.” (QS. Ath Thalaq: 3)

Barang siapa yang menjadikan makhluk sebagai sandaran hatiNya, maka Allah swt akan membuat makhluk tersebut jadi sandarannya. Maksudnya, urusannya akan sulit dijalani.

Baca Juga: Doa Ali bin Abi Thalib Allahumma Kafani

Hati seharusnya bersandar dan berpangku hanyalah kepada Allah, bukan kepada makhluk. Jika Allah menjadi sandaran hati, tentunya segala urusan akan semakin mudah.

Semoga Allah swt mengaruniakan hidayahNya kepada kita, sehingga kita tetap istiqamah senantiasa menyandarkan hidup kita hanya kepada Allah swt untuk meraih RidhaNya.

“Artikel lainnya dapat mengunjungi Google Berita saya.”

Baca Juga

Bagikan:

Tags