Tata Cara Sholat Jenazah Perempuan dan Bacaannya yang Benar!

Alby Zafr

Sholat Jenazah Perempuan
Tata Cara Sholat Jenazah Perempuan dan Bacaannya. (Foto: Ilustrasi Alby Zafr)

Tata Cara Sholat Jenazah Perempuan – Sholat jenazah adalah salah satu cara untuk menghormati kehidupan yang pernah ada dan melanjutkan kehidupan setelah kepergian seseorang. Mari kita pelajari dengan seksama tata cara sholat jenazah perempuan dan bacaannya yang menakjubkan.

Memahami Tahapan Sholat Jenazah Untuk Perempuan

Sebelum kita memahami bacaan sholat jenazah perempuan, penting untuk mengetahui tahapan-tahapan utama dalam prosesi ini:

1. Menyiapkan Jenazah untuk Sholatkan

Langkah pertama adalah mempersiapkan jenazah sebelum menyolati. Proses ini termasuk membersihkan dan mengkafani jenazah dengan kain kafan yang sesuai syariat.

2. Menghadapkan Jenazah

Setelah jenazah siap, letakkan jenazah posisi kepala di utara dan kaki posisi diselatan.

3. Niat Sholat Jenazah

Bacalah niat sholat jenazah dalam hati sebelum memulai rangkaian doa dan bacaan yang akan kita lakukan.

4. Takbiratul Ihram

Seperti sholat lainnya, kita memulai sholat jenazah dengan takbiratul ihram, mengangkat kedua tangan dengan takbir, dan angkat kedua tangan di samping kedua telinga kita.

Mengenal Bacaan Sholat Jenazah Perempuan

Sekarang kita akan mempelajari bacaan-bacaan yang dilakukan dalam sholat jenazah perempuan:

1. Bacaan Niat Sholat Jenazah perempuan

أُصَلَّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ أَرْبَعَ تَكْبِيرَات فَرْضُ كِفَايَةِ إماما/مَأْمُوماً لله تَعَالَى

 

“Ushallii ‘alaa haadzal mayyiti arba’a takbiiratin fardhu kifaayati imaaman/ma’muuman lillaahi ta’aalaa”

 

Artinya : “Aku berniat shalat untuk mayat (laki-laki) ini empat takbir fardhu kifayah (sebagai) imam/makmum karena Allah Ta’ala.”

2. Bacaan Takbir Pertama

Setelah takbiratul ihram, bacalah takbir pertama: “Allahu Akbar” sambil menahan bacaan sejenak.

3. Baca surat Alfatihah
4. Membaca Doa untuk Nabi Muhammad SAW

Setelah takbir pertama, lanjutkan dengan membaca shalawat untuk Nabi Muhammad SAW

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى الِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحمدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ فِي العَالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيْدٌ

 

“Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammad wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin. Kamaa shallaita ‘alaa ibrahiima wa ‘alaa aali ibraahiima. Wa baarik ‘alaa muhammadin wa ‘alaa aali muhammad. Kamaa baarakta ‘alaa ibraahiima wa ‘alaa aali ibraahiima fil ‘aalamiina innaka hamiidun majiid”

 

Artinya: “Ya Allah, berilah shalawat atas Nabi Muhammad dan atas keluarganya, sebagaimana Engkau pernah memberi shalawat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan limpahilah berkah atas Nabi Muhammad dan para keluarganya, sebagaimana Engkau pernah memberikan berkah kepada Nabi Ibrahim dan para keluarganya. Diseluruh alam ini Engkau-lah yang terpuji yang Maha Mulia.” (HR Bukhari & Muslim, dari Ka’ab bin Ujrah)

5. Bacaan Takbir Kedua

Kemudian, bacalah “Allahu Akbar” sambil menahan bacaan sejenak, pada takbir ketiga membaca doa untuk jenazah:

Doa untuk jenazah perempuan

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا وَوَسَعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِمَاءٍ وَثَلْجِ وَبَرَدٍ وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهَا، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا، وَقهَا فِتْنَةَ الْقَبْرِ وَعَذَابَ النَّارِ

 

“Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafihaa wa’fu ‘anhaa wa akrim nuzulahaa wa wassi’ madkhalahaa wa aghsilhaa bimaa-in wa tsaljin wa baradin wa naqqihaa minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minad danas, wa abdilhaa daaran khairan min daarihaa, wa ahlan khairan min ahlihaa , wa zaujan khairan min zaujihaa , wa qihaa fitnatal qabri wa ‘adzaaban naar”

 

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, kasihanilah dia, berilah keselamatan dan ampunilah dosanya, muliakanlah tempat tinggalnya dan lapangkanlah tempat keluarnya, sucikanlah ia dengan air, es, dan embun, serta bersihkanlah ia dari segala dosa dan kesalahan sebagaimana Engkau telah membersihkan baju putih dari kotoran. Berilah ganti baginya tempat yang lebih baik dari tempatnya yang terdahulu, keluarga yang lebih baik dari keluarga semula, pasangan yang lebih baik dari pasangan semula, serta lindungilah ia dari fitnah kubur dan siksa neraka.”

4. Doa untuk Jenazah

Setelah takbir kedua, kita akan membaca doa khusus untuk jenazah perempuan yang telah meninggal. Doa ini adalah momen untuk mohon ampun dan rahmat Allah SWT atas roh sang mayat.

Doa untuk jenazah perempuan dan kaum muslim

 

اللّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهَا وَلَا تَفْتِنَا بَعْدَهَا وَاغْفِرْلَنَا وَلَهَا

 

“Allaahumma laa tahrimnaa ajrahaa wa laa taftinnaa ba’dahaa waghfirlanaa wa lahaa”

 

Artinya: “Ya Allah janganlah kiranya pahalanyaa tidak sampai kepada kami, dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia.”

5. Langkah Terakhir ucapkan salam ke kanan dan ke kiri

Sholat jenazah perempuan adalah tanda penghormatan terakhir kita kepada orang yang telah meninggal.

Selain itu, sholat jenazah juga memiliki beberapa keutamaan, di antaranya:

1. Pahala untuk Orang yang Melaksanakannya

Mengikuti tata cara sholat jenazah perempuan dengan khusyuk akan mendatangkan pahala bagi kita sebagai pelaksananya.

2. Bentuk Doa untuk Jenazah

Sholat jenazah juga merupakan bentuk doa terbaik yang dapat kita panjatkan untuk orang yang telah meninggal, memohon ampunan dan keselamatan bagi mereka di akhirat.

Sholat jenazah perempuan adalah tcara ugas penting bagi setiap Muslimah yang harus dijalankan dengan sungguh-sungguh. Dengan mengikuti tata cara dan bacaannya, kita menghormati kehidupan yang telah pergi dan berdoa untuk keberkahan dan keselamatan bagi mereka. Semoga Allah SWT menerima sholat jenazah kita dan memberikan ampunan bagi mereka yang telah meninggal. Aamiin.

Sumber Referensi [beragam sumber.]

Baca Juga

Bagikan: